Aktivitas Bersama Untuk Melatih Kepintaran Anak

Smart young boy stood infront of a blackboard

Menjadi orang tua memang bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan para orang tua untuk menjadikan anak menjadi anak yang pintar dan juga berbakat. Nmaun seringkali orang tua tidak memahami banyak hal yang terkait dengan kepintaran anak. Adapun hal tersebut berkaitan dengan kegiatan bersama yang di lakukan keluarga. Anak yang masih balita seringkali meniru oarnga yang ada disekitarnya, terutama orang tuanya. Dan karena itulah, pentingnya peran orang tua untuk mengajarkan hal yang baik anak yang bisa membuat Anda memahami serta menjadikan anak menjadi anak yang mandiri dan juga cerdas. Banyak kegiatan bersama yang bisa Anda lakukan bersama buah hati, dan kegiatan tersebut tidak hanya melatih kepintaran anak namun juga membuat anak merasakan kedekatan yang erat bersama orang tuanya.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk melatih kepintaran anak bisa dilakukan dengan hal-hal yang mudah seperti berikut ini :

  • Kepintaran Linguistik

Anda bisa melakukan banyak hal seperti membaca cerita untuk anak, atau Anda bisa membaca persama dan buatlah percakapan yang hangat dengan anak seperti apa yang sedang ia suka atau hal yang berhubungan dengan fantasi anak.

  • Kepintaran Logika atau Matematika

Anda bisa bermain monopoli bersama anak, dengan ia mengetahui bagaimana cara menghitung uang atau melakukan transaksi melaui permainan monopoli, maka akan melatih otak anak untuk melakukan sesuatu yang harus bisa dia selesaikan.Anda juga bisa melakukan kunjungan ke tempat yang berhubungan dengan sains.

  • Kepintaran Musical

Anak biasanya suka sekali dengan hal yang bersfat bunyi-bunyian atau suara-suara. Dan hal tersebut bisa Anda jadikan untuk melatih kepintaran anak. Anda bisa bermain gitar dan bernyanyi bersama anak, bermain piano bersama anak, atau melakukan banyak hal yang berhubungan dengan suara atau music.

  • Kepintaran Naturalis

Disini Anda diminta untuk mengajak anak untuk berkebun dan menanam. Ajari anak bagaimana cara menanam bibit, memetik bunga dan menyiram tanaman. Dengan melatih otak anak melalui alam, maka akan membuat anak mengerti tentang alam yang ada di sekitarnya.

Banyak cara yang bisa di lakukan oleh para orang tua dalam melatih kepintaran anak dengan melakukan kegiatan bersama. Kegiatan bersama tersebut tentunya bukanlah hal yang dapat membahayakan anak tetapi menjadikan anak menjadi seseorang yang cerdas dan juga terampil, sehingga anak tumbuh menjadi anak yang di harapkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*