Backpacker-an ke Surabaya Siapa Takut? Berikut Panduan Selengkapnya

Kota Surabaya (sumber: marketeers.com)

Surabaya, Kota Pahlawan dengan segala cerita dan sejarah di dalamnya ini ternyata memiliki banyak lokasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan tiba. Mulai dari wisata modern, sejarah, hingga wisata alam pun bisa Anda jumpai. Untuk meminimalisasi biaya berlibur Anda di Surabaya, berikut ini panduan berlibur ala backpacker yang bisa Anda tiru.

1. Siapkan Daftar Tujuan Wisata

Sebelum pergi ke Surabaya, yuk, siapkan daftar tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Meskipun objek wisata di Surabaya identik dengan mall, namun ibu kota provinsi Jawa Timur ini juga menyimpan sejumlah tempat wisata lain yang tak kalah menarik, lho. Untuk menghemat biaya berlibur, memilih objek wisata dengan biaya masuk murah bahkan gratis bisa menjadi solusi yang tepat.

Salah satu objek wisata andalan Surabaya yang wajib dikunjungi adalah Monumen Kapal Selam. Berbekal tiket masuk sebesar Rp15.000, Anda sudah bisa menjelajah kemegahan replika kapal selam yang ada di tengah kota. Selain itu, ada juga tempat wisata murah Surabaya lainnya seperti Hutan Bambu Keputih, Hutan Mangrove Wonorejo, Jembatan Suramadu, dan Pantai Kenjeran.

2. Berburu Promo Penerbangan

Melihat minat bepergian masyarakat semakin tinggi, kini sudah banyak promo-promo liburan yang ditawarkan dengan harga terbaik, termasuk promo penerbangan murah ke Surabaya. Untuk mendapatkan tiket pesawat ke Surabaya murah, Anda bisa mencarinya melalui website Airy. Tak ketinggalan, Anda juga bisa memanfaatkan layanan newsletter Airy untuk mendapatkan ulasan terbaru seputar promo penerbangan yang dikirim langsung ke alamat e-mail Anda.

Hindari memesan tiket mendekati hari keberangkatan karena harga yang akan Anda dapatkan bisa jadi lebih mahal. Selain itu, perhatikan pula jam berburu promo. Waktu ideal untuk mencari promo penerbangan murah adalah tengah malam.

3. Memilih Hotel Budget

Dibanding mengutamakan kemewahan hotel, memilih tempat menginap murah namun tetap nyaman merupakan tips berlibur hemat ke Surabaya yang selanjutnya. Bila ingin mendapatkan penginapan murah, gunakan saja hotel budget. Hotel budget adalah tempat menginap yang memiliki layanan standar dan bisa Anda dapatkan dengan harga murah.

Meski berlabel standar, namun fasilitas yang disediakan tidak abal-abal, lho. Umumnya, kamar hotel budget telah dilengkapi dengan AC, TV, tempat tidur nyaman untuk 2 orang, dan wifi. Di Surabaya sendiri pilihan hotel budget terbilang beragam. Bermodal uang Rp150.000, Anda sudah bisa mendapatkan tempat penginapan yang nyaman.

4. Gunakan Transportasi Umum

Untuk Anda yang akan melakukan solo traveling, memilih transportasi umum sebagai moda transportasi utama ketika berada di Surabaya dijamin mampu menekan anggaran berlibur Anda.

Di Surabaya, ada banyak jenis transportasi umum yang bisa Anda jumpai dengan mudah. Ada angkot, bus kota, ojek, hingga yang terbaru ada bus suroboyo dengan botol bekas sebagai alat pembayarannya. Bila ingin jalan-jalan keliling Surabaya secara gratis, Anda bisa memanfaatkan bus surabaya heritage track yang disediakan oleh Museum House of Sampoerna.

 5. Berkunjung ke Tempat Belanja Murah Surabaya

Pergi berlibur, rasanya kurang lengkap kalau pulang tanpa membawa oleh-oleh. Supaya irit, cobalah membeli buah tangan dari beberapa tempat belanja murah yang ada di Surabaya. Untuk oleh-oleh berupa camilan khas Surabaya, Anda bisa pergi ke Pasar Genteng yang berada dekat dari Balai Kota Surabaya. Pasar Genteng menyediakan beragam kuliner Surabaya seperti lapis kukus pahlawan, petis, sambal, almond crispy, dan otak-otak bandeng yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Selain itu, ada juga Pasar Maling (sebelah timur DTC mall Wonokromo) yang menjual sepatu, sandal, baju, dan barang elektronik dengan harga murah. Khusus untuk Pasar Maling ini jam bukanya hanya di malam hari . Tak seperti namanya, barang-barang yang dijual di tempat ini bukanlah barang curian, sehingga Anda tak perlu khawatir.

Itulah 5 tips berlibur murah ala backpacker. Nah, supaya momen liburan semakin berkesan dan menyenangkan, jangan lupa ajak serta teman dan keluarga Anda berlibur ke Surabaya, ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*