Beragam Gejala Diabetes yang Terjadi

Apa yang Anda ketahui tentang penyakit diabetes? Apakah itu penyakit kencing manis? Atau terdapat glukosa di dalam darah? Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah dan  Diabetes juga dapat dikatakan sebagai penyakit yang disebabkan oleh suatu kelainan dari reaksi kimia dalam hal pemanfaatan yang tepat atas karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena tidak cukupnya pengeluaran atau kurangnya insulin. Pada umumnya kadar gula darah pada penderita diabetes sangat tinggi, Hal itu terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika kadar gula darah pada saat berpuasa lebih dari 126 mg/dl dan pada saat tidak berpuasa lebih dari 200 mg/dl. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dl pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya. Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif secara fisik.

Gejala-gejala umum yang diperlihatkan oleh penderita diabetes yang disebabkan oleh kepemilikan kadar gula darah yang melebihi batas normal, Diabetes tidak datang secara tiba-tiba. Jika dicermati lebih lanjut, terdapat beberapa gejala diabetes yang biasa dialami oleh penderitanya. Beberapa gejala penyakit dan makanan untuk diabetes secara umum tersebut seperti ini:

  1. Polydipsia. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena frekuensi buang air kecil yang terlampau sering. Rasa haus ini adalah reaksi tubuh agar tetap terhidrasi dari asupan cairan.
  2. Sering buang air kecil dengan volume yang banyak. Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. ‘Kelebihan’ cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.
  3. Polifagi. . Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik; sehingga secara alami tubuh akan memberi respon pada Anda untuk terus makan guna memperoleh lebih banyak energi.
  4. Sering merasa lelah yang luar biasa seperti kehabisan energy. Ketika tubuh gagal mengolah glukosa menjadi energi, maka pasien akan terasa lesu dan menjadi mudah lelah.
  5. Berat badan yang semakin menurun. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Akibatnya lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*