Cara Mengatasi Alergi Kulit pada Bayi yang Tepat

Seorang perempuan akan merasa sempurna jika ia sudah dapat mengandung dan melahirkan anaknya sendiri. Namun, tugas mereka tidaklah selesai sampai di situ saja. Tugas seorang ibu baru memang cukup banyak dan membutuhkan keterampilan dalam merawat dan mengasuh bayi. Bayi merupakan titipan dari Tuhan, maka dari itu seorang ibu dan ayah haruslah menjaga, merawat, dan mendidik anaknya dengan sangat baik. Dari sejak lahir, sebagai orang tua khususnya seorang ibu haruslah memberikan segalanya yang terbaik. Selain ASI, para ibu juga harus mengetahui beragam masalah yang sering dihadapi oleh para ibu baru. Pastinya bagi para ibu sudah sering mengeluhkan maslaah alergi kulit pada bayi. Bagi para ibu yang belu tahu apa itu alergi kulit dan bagaimana cara mengatasinya pastinya akan membuat kebingungan. Bahkan di antaranya dapat membuat mereka menjadi mengalami masalah yang namanya baby blues.

Bagi para ibu yang mengalami masalah karena baby blues, dapat dihindari jika mereka melakukan persiapan seperti misalnya persiapan mental. Persiapan memang merupakan hal yang paling penting untuk dipersiapkan agar bisa terhindar dari masalah tersebut. Selain itu, hal yang perlu dipersiapkan lainnya ialah masalah seputar pengetahuan mengenai bayi, seperti salah satunya untuk mengatasi alergi kulit pada bayi. Sudah menjadi hal yang biasa bahwa para bayi sering mengalami keluhan alergi pada kulitnya. Alergi kulit pada bayi sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Penyebabnya antara lain yaitu udara, sabun cuci, keringat, debu, susu, pemakaian popok atau pamapers, ASI yang mengandung makanan yang dapat membuat si bayi alergi, dan sebagainya. Biasanya jika sudah terkena alergi, kulit bayi akan terlihat ruam kemerahan, kadang disertai dengan gatal-gatal.

Untuk bisa mengatasi alergi kulit pada bayi lebih baik langsung menghubungi dokter ahlinya agar bisa mendapatkan penanganan khusus. Namun, untuk perawatannya, kita bisa lakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan cara yang benar memandikannya. Mandikan bayi yang terkena alergi pada bayi dengan air yang hangat kuku-kuku atau dalam artian tidak dingin dan tidak terlalu panas. Gunakanlah sabun dengan pH yang seimbang pada kulit bayi antara 4.5-5. Sabun dengan pH tersebut dapat menjaga kelembaban kulit bayi dengan baik. Bersihkan juga sela-sela bagian tubuh bayi dengan bersih sampai pada selangkangan atau bagian yang sering terkena keringat dan sering adanya ruam pada bayi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*