Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Aman

Di musim hujan ini, masyarakat memang begitu rawan mengalami flu sehingga banyak yang mencari cara mengobati flu. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terserah sakit flu ini, akan tetapi anak kecil bahkan bayi di bawah lima tahun atau balita juga begitu rentan terhadap serangan flu ini. Mengingat bahwa kondisi fisik bayi juga masih begitu lemah karena masih dalam masa pertumbuhan sehingga cara pengobatannya pun akan membutuhkan cara-cara khusus. Dengan begitu bayi Anda bisa sembuh dari sakit flu akan tetapi juga tetap terjamin keamanannya.

Bayi masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga ia hanya memberikan reaksi atas ketidaknyamanan dengan tangisan. Oleh sebab itu Anda lah yang harus lebih peka dan mengetahui apa saja gejala yang akan terlihat bila bayi Anda mengalami serangan flu. Dengan mengetahui gejala dengan baik maka Anda pun akan mengetahui berbagai cara mengobati flu dengan tepat dan aman. Gejala sakit flu yang umum akan terlihat ialah saat ia terus saja menangis karena kondisi tubuhnya yang begitu tidak nyaman. Anda akan makin mudah menyimpulkan bahwa bayi Anda terkena flu bila ia terus bersin-bersin atau melihat bahwa hidung meler. Namun bila hidung tersumbat Anda akan sulit untuk mengetahui. Gejala lain yang umumnya akan Anda temukan pada bayi yang mengalami flu ialah tubuhnya yang demam namun menggigil. Bahkan bisa jadi ia juga mengalami gangguan pencernaan. Bila berbagai gejala tersebut sudah mulai terlihat maka bisa dipastikan bahwa bayi Anda memang mengalami sakit flu.

Lalu apa saja cara mengobati flu yang sebaiknya harus dilakukan? Mengingat bahwa ia masih bayi maka sangat rentan dan tidak disarankan untuk memberikan obat-obatan kimia kecuali dari resep dokter. Maka sebagai bentuk perawatan untuk mengatasi sakit flu pada bayi perlu Anda lakukan beberapa hal berikut ini. Diantaranya ialah dengan memberikan ASI eksklusif sebagai obat alami. Ya, ASI dengan berbagai kandungan didalamnya mampu meredakan pilek dan flu. Selain itu memberikan ASI yang cukup akan menghindarikan bayi Anda dari kemungkinan mengalami dehidrasi dan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Kemudian Anda juga perlu untuk menggunakan humidifier pada ruang tidur bayi Anda. Apa fungsi dari humidifier ini? Alat ini akan membantu menjaga kondisi suhu ruangan tidur bayi sehingga ia akan tetap bisa tidur dengan nyenyak tanpa rewel. Untuk aroma menenangkan, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak alami seperti minyak kayu putih dan lain sebagainya. Hal lain yang harus selalu Nada lakukan ialah membersihkan hidung bayi dari lendir yang menyumbat. Lakukanlah secara perlahan dan lembut agar tidak menimbulkan bekas luka pada hidung bayi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*