Empat Cara Hemat Ala Anak Kos

Empat Cara Hemat Ala Anak Kos
Anak kos identik dengan pengeluaran yang harus selalu dibatasi karena masalah dana. Seperti yang diketahui anak kos identik dengan anak rantau yang jauh dari orang tua. Hal tersebutlah yang menjadikan anak kos harus selalu hidup hemat. Berikut merupakan 4 cara yang untuk hemat ala anak kos
1. Mencatat Pengeluaran dan Evaluasi secara Berkala
Selain peduli dengan pendapatan, coba luangkan perhatian pada pengeluaran. Ambil beberapa kertas dan pensil, lalu catat semua pengeluaran dalam sebulan. Coba analisa secara mendalam semua pengeluaran dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa ditekan atau dihapus karena tidak penting. Menekan pengeluaran bulanan merupakan cara yang paling efektif menghemat uang.
2. Menghindari Pembelian Mendadak
Jangan membeli sesuatu yang mendadak atau di luar pos pengeluaran bulanan, apalagi hal tersebut tidak bersifat wajib untuk dibeli. Mengeluarkan uang untuk barang yang tak penting karena godaan ‘sale cuci gudang’ adalah bagian dari pemborosan yang tidak terlihat. Jangan sampai mengambil keputusan yang berujung pada penyesalan di akhir.
3. Bayar Tunai dan Hindari Hutang
Dampak positif kehadiran kartu kredit yaitu tidakk perlu membawa uang banyak ketika berbelanja. Akan tetapi dampak negatif bagi si pemilik kartu yaitu utang menumpuk akibat pemakaian yang tidak terkendali. Karena kita tidak akan menyadari pengeluaran kita jika menggunakan kartu kredit. Akan lebih baik menggunakan cash dan menyadari pengeluaran pada saat itu juga.
4. Pertimbangkan untuk Membeli Barang Kondisi Bekas Pakai
Apakah Anda termasuk orang yang sering tergoda untuk membeli barang tertentu yang bukan bagian dari pos pengeluaran? Boleh-boleh saja, namun pertimbangkan membeli barang dalam kondisi bekas ketimbang baru. Harga barang bekas alias second jauh lebih murah dan terjangkau, soal kualitas tergantung pada ketelitian calon pembeli saat mengambil keputusan. Dan apabila teliti akan mendapatkan barang yang bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*