Ini Dia 3 Dampak Berbahaya Jika Diare Tidak Segera Ditangani

Tentunya hampir semua orang pernah terserang mencret, sebuah penyakit yang menjangkiti sistem pencernaan. Masalah kesehatan yang satu ini paling sering menyerang anak-anak, apalagi dengan kekebalan tubuh yang masih lemah dan kurangnya edukasi mengenai pentingnya memilih makanan yang bersih dan higienis. Jika sudah seperti ini maka tak ada cara lain selain mengobatinya, diantara obat yang mampu meredakannya diantaranya adalah suplemen zinc, cek produknya disini https://www.goapotik.com/produk/l-zinc-100-ml-syrup.

Senyawa dengan nama zinc ini sendiri pada dasarnya memang sudah ada dalam beberapa bahan makanan, namun jumlahnya terkadang kurang untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga harus ada asupan dari luar. Lalu apa sebenarnya dampak berbahaya yang bisa timbul dari penyakit tersebut, apalagi jika seandainya tidak kunjung diobati, berikut ini yang patut diketahui, yaitu:

  1. Dehidrasi, karena terlalu banyak cairan yang ikut terbuang ketika sedang buang air besar, begitu juga ketika muntah, maka hal ini menyebabkan cairan yang ada di dalam tubuh kian lama kian sedikit sehingga memicu dehidrasi. Apalagi pada dasarnya usus mengalami masalah yang berhubungan dengan penyerapan, sehingga jika dibiarkan akan semakin membahayakan tubuh.
  2. Ketidakseimbangan elektrolit, keseimbangan elektrolit ini sangat dibutuhkan untuk menjaga agar komponen darah tetap utuh di dalam mandukung fungsi organ, ketika organ pencernaan tidak berfungsi dengan baik, maka hal tersebut membuat elektrolit yang ada di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, akibatnya beberapa organ tubuh tidak menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.
  3. Malnutrisi, karena hampir semua makanan yang dikonsumsi nantinya akan dikeluarkan kembali dalam bentuk kotoran atau feses dan juga muntahan, maka tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga membuat tubuh kekurangan nutrisi, makin lama berat badan akan turun hingga benar-benar kurus kering.

Jadi pastikan untuk segera menangani diare tersebut, lakukan langkah pertolongan pertama, dimulai dari memberikan asupan cairan sebanyak-banyaknya kepada penderita, mulai dari air putih biasa sampai dengan oralit, ditunjang juga dengan pemberian obat yang bisa membunuh dan mengeluarkan bakteri patogen yang menyerang tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*