Kurus Tanpa Olahraga? Yuk, Ikuti Tips Dari Media Online Seputar Lifestyle

melakukan diet konvensional dan rencana olahraga bisa jadi sangat menyulitkan. Namun, ada beberapa tips terbukti yang bisa membantu Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Cara ini efektif  untuk mengurangi berat badan Anda, sekaligus mencegah kenaikan berat badan di masa depan. Berikut 4 cara menurunkan berat badan tanpa diet atau olahraga.

Pertama, Kunyah hingga lumat sebelum menelan. Lambung Anda butuh waktu untuk mengolah makanan yang sudah Anda makan. Mengunyah makanan Anda lebih baik membuat Anda makan lebih lambat, yang dikaitkan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan kepenuhan dan porsi lebih kecil. Seberapa cepat Anda menyelesaikan makanan Anda juga dapat mempengaruhi berat badan Anda. Sebuah tinjauan baru-baru ini terhadap 23 penelitian observasional melaporkan bahwa memakan lebih cepat lebih cenderung menambah berat badan, dibandingkan dengan memakan yang lebih lambat. Pemakan cepat juga cenderung mengalami obesitas. Untuk mendapatkan kebiasaan makan lebih lambat, cobalah menghitung berapa kali Anda mengunyah setiap gigitan.

Intinya, makan makanan Anda perlahan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang dengan kalori lebih sedikit. Ini adalah cara mudah menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan.

Kedua, gunakan piring yang lebih kecil untuk makanan yang tidak sehat. Piring makanan yang digunakanan hari ini lebih besar daripada beberapa dekade yang lalu. Hal ini sangat disayangkan, karena menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu Anda makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar. Pada saat bersamaan, piring yang lebih besar bisa membuat porsi tampak lebih kecil, menyebabkan Anda menambahkan lebih banyak makanan. Anda bisa menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan menyajikan makanan sehat di piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil.

Piring yang lebih kecil bisa menipu otak Anda agar mengira Anda makan lebih banyak daripada sebenarnya. Oleh karena itu, pintar mengkonsumsi makanan tidak sehat dari piring yang lebih kecil, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit.

Ketiga, makan banyak protein. Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Ini mungkin karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam kelaparan dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1. Satu studi menemukan bahwa peningkatan asupan protein dari 15% sampai 30% kalori membantu  mengkonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan 11 pound dalam 12 minggu. Jika saat ini Anda makan sarapan berbasis biji-bijian, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke pilihan kaya protein, seperti telur. Dalam sebuah penelitian, wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang memiliki telur untuk sarapan memiliki lebih sedikit kalori saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang makan sarapan berbasis gandum. Terlebih lagi, kita akhirnya makan lebih sedikit kalori untuk sisa hari itu dan selama 36 jam berikutnya. Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt Yunani, kacang lentil, quinoa, dan kacang almond.

Menambahkan protein ke makanan Anda telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan “otomatis”, tanpa pembatasan kalori secara aktivitas atau sadar.

Keempat, jauhkan makanan yang tidak sehat dari jangkauan. Menyimpan makanan yang tidak sehat di mana Anda bisa melihatnya dapat meningkatkan rasa lapar dan ngidam, menyebabkan Anda makan lebih banyak. Hal ini juga terkait dengan penambahan berat badan. Simpan makanan yang tidak sehat dari pandangan, seperti di lemari atau lemari, sehingga mereka cenderung tidak menarik perhatian saat Anda lapar. Di sisi lain, jaga agar makanan sehat terlihat di bagian atas counter dan tempatkan di depan serta pusatkan di lemari es Anda.

Jika Anda menyimpan makanan yang tidak sehat di atas meja, Anda cenderung memiliki makanan ringan yang tidak terencana. Hal ini juga terkait dengan peningkatan berat badan dan obesitas. Lebih baik menyimpan makanan sehat, seperti buah-buahan di tempat yang mudah terlihat.

Tips – tips lifestyle diatas bisa membantu Anda tetap sehat tanpa olahraga. Jika Anda termasuk orang dengan kesibukan padat yang tidak sempat berolahraga, menata pola makan bisa menjadi satu solusinya. Temukan tips gaya hidup lain di media online seputar lifestyle breaktime.co.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*