Menggali Ilmu didalam Cerpen

Siapa sangka mencari ilmu hanya ada dalam ensiklopedia? Siapa sangka pula mencari ilmu hanya di sekolah. Ilmu merupakan hal yang bisa dicari dimana saja, selagi kita menemukan hal-hal baru disitulah kita menemukan hal yang dinamakan ilmu. Ilmu pula dapat ditemukan dengan cara bagaimana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Khususnya dalam suatu tulisan-tulisan, yakni contohnya cerpen (cerita pendek) ini. banyak sekali macam-macam ilmu yang dapat ditemukan dalam cerita pendek yaitu agama, social,budaya, dan ilmu lain-lain yang tidak bisa digolongkan. Ilmu disini biasanya masing-masing cerita pendek memiliki sumber ilmu pada hikmah yang ada pada cerita pendek tersebut. Ataupun karena cerita pendek tersebut orang merenung sehingga mendapatkan ilmu-ilmu baru dilain cerita pendek tersebut. Karena pada cerita pendek umumnya memancing seseorang untuk berfikir lebih lanjut mengenai inti-inti permasalahan pada cerita pendek tersebut.

Biasanya ilmu-ilmu di dalam cerpen (cerita pendek) ini didapatkan ketika para pembaca mulai mengambil hikmah dalam cerita pendek itu. Karena cerita pendek umumnya meletakkan hikmah cerita pada akhir, namun untuk perlu memahami akhir kita perlu membaca bagian awal dari cerita pendek itu sendiri. Kompilasi-kompilasi serta penyelesaian keren pada cerita pendek cukup menarik untuk dijadikan lading ilmu sembari mengisi waktu luang maupun rutinitas sehari-hari yang kita lakukan. Kemudahan mencari ilmu dalam cerpen juga diikutkan bersama dengan estetika pada cerita pendek sehingga rasa ingin tahu untuk mencari ilmu tersebut selalu ada ketika membaca suatu cerita pendek. Dilain itu kita bisa menggali ilmu-ilmu yang lain dengan menggabungkan ilmu yang kita dapat dengan ilmu yang sudah ada. Sehingga menciptakan ilmu baru di pemikiran kita. Cerita pendek yang bisa didapatkan diberbagai tempat seharusnya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang untuk rutinitas kegiatannya, namun karena kemunculan hiburan-hiburan membuat kebiasaan membaca cerita pendek ini hampir menurun.

Namun begitu jika dibandingkan dengan bacaan ilmu yang pasti, ilmu di cerpen (cerita pendek) ini bersifat umum karena ilmu pada cerita pendek ini berdasarkan pemikiran seseorang bukan ilmu pasti yang pernah diuji, jadi bisa dijadikan sebagai pembukti kebenaran maupun pemancing berfikir orang untuk menemukan jalan pemecahan baru dengan ilmu yang didapatkan dari ilmu tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*