Cara Mudah Mengobati Luka Bakar Sendiri

Image result for luka bakar

Ketika salah satu anggota tubuh kita terkena luka bakar, pastinya tidak bisa kita biarkan begitu saja. Apalagi jika luka yang diderita cukup parah. Disarankan untuk tidak boleh panik, namun lakukanlah pertolongan pertama agar luka tidak bertambah parah. Salah satunya dengan cara dibalut. Cara membalut luka bakar yang baik adalah dengan menggunakan pembalut yang bersih dan steril agar terhindar dari infeksi. Berikut ini ada beberapa cara mengobati luka bakar yang bisa dilakukan sendiri, diantaranya:

  1. Air mengalir

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika anda terkena luka bakar adalah dengan menempatkan area luka dibawah air yang mengalir selama kurang lebih 20 menit. Pastikan suhu air tidak terlalu dingin, hanya suam-suam kuku saja. Cara ini bisa membantu meringankan rasa sakit dan mencegah luka menjadi tambah parah.

  1. Salep antibiotik

Ketika luka anda tidak terasa terbakar, anda boleh mengoleskan krim atau salep antibiotik.  Obat ini berfungsi untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Namun jika penggunaan salep membuat kulit anda ruam atau gatal, sebaiknya di hentikan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati luka bakar. Yang paling penting adalah kebersihan dan segara balut luka jika luka bakar anda melepuh atau terbuka. Gunakanlah Hansaplast yang merupakan perekat pembalut luka yang terbaik dan mengandung antiseptik.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*