Nilai yang Diciptakan Buffett

Banyak orang terkejut dengan kinerja Warren Buffett dalam menghasilkan pengembalian investasi yang besar dari ratusan ribu dolar pada awal karirnya hingga miliaran dolar. Tetapi sedikit yang menyelidiki pengetahuannya. Mengapa dan bagaimana ini bisa terjadi?

Salah satu yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah faktor “nilai” yang diciptakan oleh Warren Buffett. Sebagai investor dalam nilai, Buffett karenanya tidak hanya mencari dan menerapkan nilai. Tapi dia telah menciptakan nilai itu sendiri. Apa nilai yang layak dipelajari Buffett? Etika. Kepemimpinan. Gaya Investasi. Dan juga Berkshire Hathaway sebagai pelindung nilai-nilai perusahaan Amerika.

Mengapa banyak perusahaan lebih memilih Berkshire daripada pembelian mahal melalui skema LBO? LBO adalah pengaturan untuk membeli semua saham pemilik hutang dan kemudian menjadikan perusahaan itu pribadi. Kadang-kadang beban utang tidak cukup untuk dilunasi dari keuntungan perusahaan yang sebelumnya biasanya seimbang. Ada banyak kasus di mana beberapa perusahaan publik atau kecil memilih untuk bergabung dengan Berkshire. Bahkan jika mereka dibeli oleh aktivis LBO, pemegang saham mereka dapat memiliki lebih banyak uang.

Banyak yang mengkritik keterlibatan Buffett atau cara dia melakukannya sebagai sesuatu yang negatif, seperti keserakahan, posisi paksa, atau kapitalisasi ketenarannya sebagai investor terkenal. Apa yang sebenarnya terjadi tidak benar. Ini dikonfirmasi oleh Larry Cunningham di Berkshire Beyond Buffett.

Meskipun bukan karena LBO, Ny. Rose Blumkin menjual toko furniturnya ke Berkshire karena dia tidak ingin kasusnya hancur atau hilang jika dia meninggal. Buffett dan Berkshire menjaminnya. Demikian pula, manajemen Scott & Fraser (penerbit World Book Encyclopedia) lebih memilih Buffett sebagai kepemimpinan yang protektif dan bukan oleh Ivan Boesky, yang memiliki stigma negatif. Dan begitu banyak perusahaan lain yang pendirinya tidak ingin perusahaan mereka lenyap dari sejarah memilih untuk bergabung dengan Berkshire. Begitu mereka menjual saham mereka, mereka mendapatkan uang ‘pensiunan’, kadang-kadang mereka digantikan oleh saham Berkshire Hathaway dan mereka masih bisa menjalankan perusahaan sampai mereka merasa tidak mampu lagi.

Buffett menciptakan nilai ini melalui upayanya selama lebih dari 50 tahun. Sabar. Disiplin. Satu akuisisi setelah akuisisi. Buffett juga terkenal dengan gayanya – dengan istilah Jawa – nguwongke – yang mengurangi kepemimpinan di bawahnya. Mereka memperoleh kepercayaan penuh tanpa perlu kontrol terperinci oleh Buffett, sambil menuntut ketulusan dan integritas penuh dari mereka. Dengan kepribadian yang unik dan gaya kepemimpinan yang tak tertandingi dengan para pemimpin terkemuka lainnya seperti Jack Welch dan Sam Walton. Bisakah Anda bayangkan sebuah perusahaan yang membeli dan menjual kesepakatan tanpa uji tuntas yang rumit dan hanya berjabat tangan? Warren Buffett sering melakukan itu. Dan banyak orang tertarik pada nilai yang pantas mereka dapatkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*