Pengalaman Retur Barang Jual Online di Blibli.com

Berburu barang-barang diskon adalah kepuasan bagi saya. Sebelum saya punya anak, saya masih bisa berburu diskon di pusat perbelanjaan konvensional; jadi setelah memiliki anak saya hampir tidak bisa melakukan ini lagi. Dan tentu saja, alasan mengapa kegiatan ini memakan waktu terlalu banyak, mulai dari pengamatan ke toko yang berbeda, kemudian mencari dan mencoba ukuran yang tepat (untuk pakaian) hingga akhirnya membelinya. Sampai akhirnya saya memilih toko online untuk memenuhi kebutuhan belanja saya! Tidak hanya untuk barang-barang fashion, tetapi juga barang-barang rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari seperti sabun. Toko online (marketplace) sebenarnya adalah penyelamat saya. Jika saya butuh sesuatu dan tidak bisa keluar terlalu lama.

Nah, belanja online tentu bukan tanpa risiko. Mulai dengan risiko barang yang tidak cocok dengan foto dan deskripsi untuk kerusakan pada saat pengiriman. Itu sebabnya ada beberapa tips untuk belanja online yang harus kita ketahui. Dan di sini saya akan memberi tahu Anda tentang pengalaman yang cukup mengesankan ketika saya mengembalikan barang di Blibli.com. Yah, saya menyebut merek bukan karena disponsori ya. Saya menulis ini hanya karena saya merasa sangat terbantu dengan layanan pengembalian (retur) dari Blibli.com dan juga penghargaan atas kinerja customer carenya. Jadi pada waktu itu saya memesan wadah beras dengan merek Tupperware dari salah satu merchant di Blibli.com. Mungkin beberapa dari kalian akan mengatakan kenapa membeli Tupperware saja harus secara online? padahal masih ada juga yang jual di toko konvensional dekat rumah.

Ya, ada banyak penjualan konvensional, hanya saja mereka memberikan 20% diskon. Sementara itu pada pedagang yang berjualan online di Blibli, diskon dari pedagang lebih dari 20%, belum lagi diskon dari Blibli.com sebesar 20%. Selain itu, harga tempat beras ini sangat bagus, sekitar 600 ribu dalam katalog yang jika tidak lagi diskon. Dan setelah transaksi, barang dikirim tepat waktu, tetapi setelah memeriksa ternyata ada bagian yang terpotong (pecah) dari pesanan saya. Yang saya tahu pasti bukan karena kesalahan saat pengiriman, karena saya tidak menemukan pecahan dalam paket pengiriman tersebut.

Setelah dipikir-pikir, saya lebih tertarik mengirim barang ini kembali dan meminta produk serupa (retur). Atau jika tidak, mengingat pembelian pada saat diskon dan ini tidak mungkin kecuali saya ingin membayar kekurangan harganya, itu juga dapat dikembalikan cukup. Dan saya mulai mencari tahu prosedur pengembalian barang di Blibli.com. Buka aplikasi di seluler dan tampaknya mereka memiliki menu retur barang melalui aplikasi. Di sana kita hanya perlu menentukan alasan pengembalian barang, deskripsi, solusi yang diharapkan, gambar produk dan ketersediaan yang dapat dihubungi oleh layanan pelanggan.

Dan setelah tiga hari kemudian saya menerima email dari Blibli.com yang mengumumkan bahwa produk pengganti memiliki harga yang lebih mahal, jadi saya harus membayar kekurangannya, atau penggantian produk akan diubah untuk pengembalian uang. Saya pikir jika benar-benar tidak mungkin untuk mengganti produk, ya refund saja.

Dan ternyata itu benar! Setelah beberapa hari saya menerima pesan tentang tanda terima pengiriman produk, pembaruan proses pengiriman dan akhirnya saya menerima produk pengganti saya. Berdasarkan pengalaman dengan barang yang dikembalikan (ini adalah kedua kalinya saya mengembalikan barang di toko lain), hal-hal yang saya temukan penting dalam proses adalah sebagai berikut:

  • Setelah barang diterima, ambil foto dari kemasan barang. Karena ini penting bagi toko online untuk menentukan kelayakan kemasan yang mungkin menjadi masalah dengan pengoperasian barang jika alasan pengembalian barang yang cacat.
  • Segera buka paket, pastikan kondisi barang dan jangan pernah membuang kemasan dan ornamen yang dikirimkan dengan pengiriman barang.
  • Jika ada kerusakan, ambil foto kerusakan yang dimaksud sejelas mungkin.
  • Cari informasi tentang mengembalikan barang melalui toko online. Ikuti semua langkah dengan benar sehingga proses pengembalian dapat diproses secepat mungkin dan yang terpenting adalah kita mendapatkan barang pengganti yang kita inginkan.
  • Pastikan prosedur pengembalian dilakukan secepat mungkin untuk mencegah periode pengembalian terlewatkan.
  • Selain itu, ikuti proses pengembalian barang-barang kami dengan sabar dan hati-hati. Jangan lewatkan email atau telepon dari toko online.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*