Penyebab Terjadinya Ikterus Pada Bayi Baru Lahir

Related image

Tidak jarang bayi yang baru lahir memiliki kulit berwarna kuning di seluruh badannya. Seperti warna pakaian yang tidak dicuci bersih menggunakan sabun cuci cair pakaian bayi. Dan hampir semua orangtua yang melihat bayinya lahir dengan keadaan seperti itu, pasti timbul rasa khawatir, takut, dan cemas. Bayi baru lahir dengan kondisi kulit yang kuning ini disebut juga ikterus atau penyakit kuning. Lalu apakah ikterus berbahaya? Apa yang menyebabkan bayi mengalami ikterus?

Mengapa bayi baru lahir mengalami ikterus alias kuning?

Ikterus pada bayi baru lahir ditandai dengan kulit dan mata yang yang terlihat berwarna kuning. Kulit kuning yang ada pada bayi baru lahir disebabkan karena tingginya kadar bilirubin di dalam bayi tersebut. Bilirubin adalah zat berwarna kuning yang dibentuk oleh tubuh dari sisa-sisa sel darah merah yang sudah rusak.

Pada keadaan normal, hati akan menyaring bilirubin dari aliran darah dan akan mengeluarkannya ke dalam saluran pencernaan. Sedangkan pada bayi baru lahir yang mengalami ikterus, organ hati yang dimilikinya belum sempurna dan tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. Karena itu, bilirubin tidak tersaring sempurna dan masih ada di dalam darah. Mirip dengan kerja sabun cuci pakaian bayi dalam bentuk

belum tersaring dalam pencucian sehingga menimbulkan bekas.

Apakah berbahaya jika bayi baru lahir mengalami sakit kuning?

Sebenarnya, bayi kuning saat lahir merupakan hal yang biasa terjadi dan tidak menyebabkan bayi dalam bahaya. Kondisi ini dialami oleh setidaknya 6 dari 10 bayi yang baru lahir. Tetapi pada bayi prematur, hal ini berpeluang lebih besar untuk terjadi. Menurut survei, 8 dari 10 bayi prematur akan lahir dengan kulit yang kuning.

Dalam beberapa kasus yang jarang, kulit kuning pada bayi mengindikasikan bahwa ia mengalami kondisi medis yang lain sehingga membutuhkan perawatan medis. Tetapi menurut beberapa penelitian, hanya 1 dari 20 bayi kuning yang membutuhkan pengobatan serta tindakan medis. Sebagian besar bayi yang lahir dengan kulit kuning akan kembali normal dalam beberapa hari, atau maksimal 14 hari setelah lahir. Bahkan banyak bayi yang akan kembali pulih hanya dalam waktu 24 jam saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*