Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu

perkembangan janin dari minggu ke minggu

Bagi pasangan suami istri tentunya sangat gembira ketika mereka akan memiliki sang buah hati. Namun sebelum memiliki sang buah hati tersebut patutlah bagi pasangan suami istri untuk mengetahui setiap perkembangan janin dari minggu ke minggu. Mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu sangatlah penting, karena dengan mengetahui perkembangan tersebut akan memudahkan setiap hal nantinya yang akan atau harus dilakukan oleh pasangan suami istri dalam menyambut kehadiran sang buah hati. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai hal tersebut.

Berikut ini perkembangan janin dari minggu ke minggu yang perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri. Minggu pertama merupakan tahap awal yang terjadi dan masih termasuk dalam periode menstruasi. Bahkan pembuahan belum terjadi. Untuk itu si ibu harus mengonsumsi makanan yang sehat, minum vitamin, yang mengandung asam folat serta berhenti meminum obat – obatan yang mengandung alkohol. Pada minggu kedua pembuahan mulai terjadi. Sel telur yang dibuahi akan membelah dua 30 jam setelah dibuahi. Sel telur akan bergerak menuju rahim sembari membelah. Pada minggu ketiga sel telur yang telah membelah menjadi ratusan tersebut akan menempel pada dinding rahim yang disebut dengan blastosit. Pada minggu keempat akan berbentuk embrio yang memproduksi hormon kehamilan. Janin juga akan membentuk struktur manusia. Pada minggu kelima akan terbentuk 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm, dan endoderm. Pada minggu keenam ukuran embrio rata – rata adalah 2 – 4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong bayi. Tuba saraf pada bayi telah menutup dan jantung mulai berdetak. Sistem pencernaan dan pernafasan juga mulai terbentuk. Jari – jemaripun mulai terbentuk juga. Pada minggu ketujuh pucuk lengan mulai membelah menjadi bahu dan tangan yang kecil. Jantung juga telah dibagi menjadi dua yaitu bilik kanan dan kiri begitu juga dengan saluran udara dalam paru – paru. Pada minggu kedelapan akan mulai terlihat ujung hidung dan kelopak mata, begitu pula dengan telinga. Brohi juga mulai bercabang. Lengan telah membesar dan memiliki siku. Pada minggu kesembilan bagian telinga luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang yang diikuti dengan jari tangan dan kaki. Pada minggu kesepuluh semua organ penting telah terbentuk dan bekerjasama dan otak tumbuh dengan cepat. Pada minggu kesebelas merupakan saat kritis dari perkembangan bayi. Pada minggu ini hingga minggu kedua puluh pertumbuhan bayi sangat cepat. Ukuran kepalany setengah dari panjang tubuh. Alat kelamin mulai berkembang.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai perkembangan janin dari minggu ke minggu yang harus diketahui oleh pasangan suami istri sebelum menyambut kehadiran sang buah. Hal tersebut perlu diketahui oleh pasangan suami istri agar dapat mendiagnosis setiap kendala yang tidak diinginkan nantinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*