Perumahan Murah Yang Nyaman Dan Berstandar

Pada tahun 2016 ini pemerintah mencanangkan program sejuta rumah, sehingga bagi sahabat Perumnas dapat memiliki hunian pribadi atau perumahan murah yang nyaman dan berstandar. Perumahan murah ini disiapkan oleh pemerintah diberbagai daerah di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menengah kebawah yang belum mempunyai rumah sendiri. Dalam menjual 1 juta rumah pada tahun 2016 ini ada mekanismenya atau aturan yang diberlakukan dari pemerintah. Menurut Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), target pasar untuk satu juta rumah dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama yaitu perumahan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 600.000 rumah untuk mereka. Rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah juga dilengkapi dengan sistem KPR subsidi yang ringan. Dengan subsidi yang ringan maka akan banyak masyarakat yang belum mempunyai rumah akan tertarik.

Tujuannya membantu bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah atau hunian pribadi yang nyaman dan berstandar sehingga masyarakat menjadi sejahtera dan akan meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan yang kedua yaitu perumahan murah untuk non-MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah. Perumahan untuk non-MBR ini tersedia 400.000 rumah diseluruh daerah di Indonesia. Mekanismenya bagi non-MBR dalam penjualannya diserahkan kepada pihak bank selaku penyedia KPR serta diserahkan ke pihak pengembang. Program perumahan murah yang dicanangkan oleh pemerintah karena untuk mengurangi kekurangan jumlah rumah di Indonesia yang mencapai kurang lebih 13,5 juta unit rumah. Dengan kata lain di Indonesia sekitar 13,5 juta keluarga belum mempunya rumah sendiri atau rumah pribadi. Akan tetapi semua program ini juga harus didukung oleh semua pihak termasuk masyarakat Indonesia agar kekurangan rumah ini dapat teratasi dengan baik oleh pemerintah. Karena jika program ini tidak didukung oleh masyarakat dan pihak yang terkait maka semuanya tidak akan berjalan dengan lancar.

Akan tetapi jangan keliru dengan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah ini, program sejuta rumah ini belum mendapatkan sosialisasi yang efektif kedalam masyarakat di Indonesia. Karena banyak masyarakat yang mengira program sejuta rumah atau perumahan murah ini merupakan program untuk bagi-bagi rumah dari pemerintah untuk masyarakat yang belum memiliki rumah di berbagai daerah di Indonesia. Program sejuta rumah sendiri merupakan program yang sama dengan program KPR akan tetapi bedanya prosedur dan prosesnya akan lebih mudah. Dan sebelum memiliki rumah juga ada proses survei serta ada serangkaan persiapan lainnya yang harus dipenuhi oleh keluarga yang ingin mengambil rumah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*