Satelit Telkom 4 Telah Berhasil Meluncur Agustus 2018 Silam

PT Telkom Indonesia saat ini tengah membahas penentuan waktu untuk meluncurkan satelit telkom 4. Peluncuran ini akan dilakukan oleh SpaceX yang dimiliki oleh Elom Musk. PT Telkom Indonesia diberikan opsi peluncuran antara bulan Mei sampai Agustus 2018. Seperti yang diungkapkan Direktur Network anda IT Solution, Zulhefi Abidin, mengatakan bahwa satelit telkom 4 ini telah dinyatakan siap untuk diluncurkan. Disebutkan juga olehnya, bahwa proses selesainya perakitan satelit ini hingga pengujian satelit generasi terbaru tersebut, telah tercapai pada Maret 2018 silam atau tepatnya setahun silam.

Ada slot dan jadwal mengenai peluncuran satelit telkom 4 ini. Dimana slot dan jadwalnya sekitar bulan Mei hingga Agustus. Slot tersebut memang sedang diproses dan belum ditetapkan mengenai kapan waktu pastinya. Paling telat sekitar bulan Agustus 2018 untuk segera diluncurkan, demikian seperti dikatakan Zulhefi di Kantor Kementrian Kominfo, Jakarta.

Berkaitan dengan orbit slot 108 derajad bujur timur yang dipersoalkan, dikarenakan satelit telkom 1 yang mengisinya telah mengalami anomali sebelum waktunya. Kembali menurut Zuhefi, seharusnya hal itu sudah selesai pengurusannya. Dengan begitu, slot orbit 108 derajad bujur timur dapat dipakai untuk satelit telkom 4. Dinyatakan oleh Zulhefi bahwa Telkom 1 telah shutdown dan bersiap untuk diisi oleh Satelit Telkom 4.

PT Telkom Indonesia sendiri telah memulai perjanjian kontrak untuk satelit telkom 4 ini sejak akhir Februari 2016 lalu. Kemudian sebagai kontraktor utama dalam pembuatan satelitnya adalah Space System/Loral (SSL) dengan melakukan kontrak kerjasama dengan On Ground Delivery. Sedangkan untuk launcher atau roket peluncurnya menggunakan milik Falcon-9 yang dimiliki oleh SpaceX. Dimana sekaligus sebagai pabrikan mobil listrik Tesla milik Elon Musk. Kedua perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat.

Dikarenakan pabrikannya serta peluncurnya sama-sama berasal dari Amerika Serikat, maka satelit telkom 4 ini direncanakan akan diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat.

Satelit telkom 4 ini sendiri memiliki kapasitas yang cakupannya standard c-band dengan jumlah 24 transponder untuk menjangkau wilayah Asia Tenggara. Kemudian standard c-band yang berjumlah 24 transponder untuk menjangkau wilayah Asia Selatan, dan Extended c-band sebanyak 12 transponder untuk wilayah Asia Tenggarah. Sehingga secara total kapasitas yang akan dibawa oleh satelit telkom 4 ini sebanyak 60 transponder.

Secara umum spesifikasi dari satelit telkom 4 ini kapasitasnya lebih besar, dimana sebanyak 60 transponder. Spektrumnya pun lebih lengkap, ada standard c-band dan extended c-band. Sementara untuk satelit telkom 1 ini hanya memiliki 36 buah transponder. Sehingga peluncuran satelit telkom 4 ini bisa dibilang dua kali lipatnya dari satelit telkom 1 ini. Dengan demikian, tentunya hal ini lebih membanggakan, karena secara umum kemajuan teknologi di Indonesia kian nampak.

Peluncuran satelit telkom 4 yang dilakukan di Florida, Amerika Serikat ini membuktikan mengenai kebanggaan bangsa Indonesia akan hadirnya satelit yang akan memberikan segala kemudahan untuk menyaksikan siaran televisi yang tak akan terganggu kualitas gambar yang berpengaruh bila hujan datang. Dimana dengan menggunakan parabola dan mengarahkan antenannya ke satelit telkom 4 maka dipastikan tayangannya pun akan bersih dari semut, sehingga anda lebih nyaman menyaksikan beragam program pilihan kesayangan anda. Anda tidak perlu ragu lagi dengan berbagai tayangan televisi yang berada di bawah naungan satelit telkom 4 ini. Karena nantinya semua tayangan televisi FTA parabola bisa dinikmati dengan mengarahkan antena ke satelit telkom 4 ini.

Sebagai produk kebanggaan nasional, satelit telkom 4 mengemban misi mulia untuk menyebarkan segala bentuk informasi ke seluruh pelosok nusantara. Akses internet yang maju hingga bisa dinikmati di daerah-daerah terpencil. Maka dari itulah, satelit telkom 4 ini begitu berguna sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta pemerataan arus informasi, teknologi, dan komunikasi yang sebelumnya hanya dikuasai oleh masyarakat Jawa saja.

Dengan demikian, kehadiran satelit telkom 4 ini di angkasa memberikan kemudahan akan berbagai informasi yang anda butuhkan. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menemukan banyak hal menarik dari Youtube.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*