Simak Ini Sebelum Ingin Program Hamil Dengan IUI

Perawatan kesuburan metode IUI merupakan salah satu cara yang dilakukan para pasangan suami istri untuk memulai program hamil. IUI (Inseminasi Intrauterine) ini adalah alternatif bagi pasangan yang ingin memiliki buah hati. Metode inseminasi buatan sebenarnya membutuhkan persiapan yang matang karena prosesnya yang cukup panjang.

Pertama-tama dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan guna mengetahui kondisi kesehatan tertentu yang kemungkinan mempengaruhi kesuburan. Hal ini juga akan memastikan persentase keberhasilan dari IUI itu sendiri. Seperti analisis sperma terlebih dahulu agar dapat dipastikan apakah terdapat diagnosis infertilitas pria.

Sedangkan untuk istri, akan diperiksa pula panggul melalui USG (ultrasonografi) guna memastikan tuba falopi tidak tersumbat atau terhalangi. Jika terindikasi adanya sumbatan, telur tidak akan bisa berjalan ke lahir dan kemungkinan untuk kehamilan pun sulit terjadi. Lalu dilakukan pengujian beberapa hormon dalam darah untuk mengidentifikasi apakah cukup dalam melakukan ovulasi.

Metode inseminasi buatan ini akan dimulai dengan menstimulasi ovarium dengan cara mengonsumsi dan menyuntikan obat hormonal untuk kesuburan. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak sel telur yang akan memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan.

Selama proses ini, dokter akan memantau dosis yang dibutuhkan, apakah diperlukan peningkatan atau penurunan obat. Selain itu juga untuk menentukan kapan waktu yang tepat dilakukannya inseminasi pada sel telur.

Untuk suami, akan dilakukan pencucian dan persiapan sperma, proses bertujuan untuk memilih sel sperma yang sehat. Pencucian berguna untuk menghilangkan bahan kimia beracun yang mungkin akan bereaksi negatif pada tubuh.

Contohnya alergi yang dapat menghambat proses kehamilan, selain itu juga meminimalkan kram yang kadang terjadi setelah proses IUI. Indikasi pemilihannya yakni sperma yang mempunyai konsentrasi dan pergerakan yang tinggi, hal ini juga menentukan tingkat keberhasilan inseminasi buatan.

Setelah sperma terbaik didapatkan, akan disuntikan ke dalam rahim dengan cepat, hampir tanpa rasa sakit menggunakan kateter. Nantinya sperma akan berjalan sendiri menuju sel telur yang matang dengan lebih leluasa tanpa takut bocor ke luar.

Selama ada dalam proses perawatan kesuburan metode IUI ini, pastikan untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Biasanya diperlukan waktu dua minggu apakah metode berhasil atau tidak, pengujian dilakukan selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*