Suku Paling Ditakuti Di Papua

Suku Asmat adalah merupakan salah satu suku dari sekian banyak suku di Indonesia yang terdapat di Papua tepatnya di Pegunungan tengah. Suku Asmat ini tergolong dalam suku paling ditakuti di Papua, selain itu suku ini mempunyai kekuatan magis yang sangat ditakuti. Suku Asmat memiliki keunikan yakni bahwa mereka mengakui berasal dari dunia gaib, lokasi tepatnya adalah ketika matahari tenggelam setiap harinya. Mereka mempunyai kepercayaan bahwa tempat yang mereka tinggali mempunyai 3 jenis roh dengan sifat yang berbeda juga dari yang bersifat baik hingga jahat.

Dengan kekuatan magisnya inilah yang membuat suku asmat menjadi salah satu suku paling ditakuti. Kekuata magis yang dimiliki oleh orang suku asmat mampu menerawang dan menemukan barang yang telah hilang, serta menunjukan si pencuri barang tersebut. Tidak hanya itu, kekuatan magisnya dapat dipergunakan untuk menguasai alam seperti memanggil hujan, halilintar, angin dan sebagainya. Suku Asmat juga mempunyai keyakinan yakni sebelum orang mati masuk ke surga maka arwah mereka akan mengganggu manusia. Gangguan tersebut dapat berupa bencana penyakit, dan juga peperangan gaib.

Mereka juga sering mengadakan pesta patung, pesta topeng, pesta ulat sagu, serta pesta perahu. Tujuannya adalah untuk melindungi diri dan juga saudaranya dari segala bencana. Walaupun termasuk dalam kategori suku paling ditakuti, akan tetapi suku Asmat ini tetap dalam kesehariannya melaksanakan aktifitas sehari-hari seperti mencari kebutuhan pangan dari sagu atau menangkap ikan dan juga memburu binatang liar di kawasan Papua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*