Tips Berikan Promo Ramadhan Namun Tetap Menguntungkan Bagi Penjual

Image result for bulan ramadhan

Bulan Ramadan memang bulan yang penuh berkah. Tak heran jika banyak sekali orang yang menantikan bulan Ramadan untuk tiba. Bulan Ramadan tentu selalu jadi topik yang menarik untuk dibahas bagi para penjual. Alasannya karena dengan Ramadan, kebutuhan masyarakat cenderung naik sehingga volume belanja pun akan meningkat. Tak heran banyak penjual yang memberikan promo Ramadhan sehingga diharapkan bisa menarik minat dari para pembeli.

Jika memang Anda ingin memberikan promo Ramadhan, maka tentunya ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Hal ini tak hanya berlaku untuk pemilik toko biasa, melainkan juga para penjual di toko online, yaitu:

  1. Amati perilaku konsumen saat bulan Ramadan

Untuk yang pertama adalah dengan melakukan pengamatan pada konsumen saat bulan Ramadan tiba. Biasanya para konsumen membeli lebih banyak dalam kondisi saat lapar sehingga menjadikan omset penjualan pun akan lebih tinggi. Selain itu kadang para konsumen juga tak begitu peduli pada harga. Alasannya tentu saja karena adanya THR dari perusahaan sehingga konsumen tak begitu mempermasalahkan.

  1. Atur waktu dalam lakukan promo Ramadan

Terdapat beberapa waktu saat konsumen lebih banyak belanja saat bulan Ramadan misalnya ketika sahur. Waktu sahur ini biasanya merupakan momen saat para konsumen mencari barang lewat online sehingga bagi para penjual online ini jadi waktu tepat lakukan promosi. Selain sahur, waktu di istirahat jam kerja juga jadi waktu yang mencukupi untuk akses internet mengingat saat puasa banyak orang tak bisa makan seperti biasa dan kemudian cari aktivitas lain. Lakukan promosi di waktu tersebut sehingga bisa menarik perhatian.

  1. Konten promosi menyangkut bulan Ramadan

Untuk pembuatan konten promosi juga jangan sembarangan. Ada baiknya untuk membuatnya sesuai dengan waktu tersebut yakni saat bulan Ramadan. Caranya misalnya dengan memilih warna hijau untuk latar belakangnya, menggunakan simbol-simbol Islami dan masih banyak lagi. Konten seperti ini biasanya akan lebih dilirik karena menunjukkan penghormatan saat bulan Ramadan.

  1. Promosikan produk yang cocok

Umumnya produk yang laris manis saat bulan Ramadan adalah produk makanan dan juga pakaian untuk lebaran. Produk makanan dan juga minuman biasanya paling laris menjelang buka puasa. Selain itu untuk produk pakaian biasanya juga seiring dengan persiapan Lebaran sehingga Anda harus bisa sediakan produk baru dengan model baru. Tak kalah penting adalah produk kecantikan yang banyak diburu karena di bulan Ramadan dan Lebaran ingin bisa tampil sempurna dan cantik.

  1. Promosi online dan offline

Untuk pemasaran produknya, ada baiknya lakukan online dan offline. Untuk cara promosi offline misalnya dengan sebar brosur, pasang spanduk dan lainnya. Tapi memang biaya yang dikeluarkan untuk lakukan promosi demikian tidaklah sedikit. Untuk itu imbangi dengan promosi online yang cenderung lebih hemat.

  1. Buat acara

Untuk lebih mengenalkan usaha dan bisnis Anda, ada baiknya jika Anda juga membuat acara dengan mempersiapkan buka bersama atau lain sebagainya. Selain bisa sedekah, Anda juga bisa jadi cara untuk mengenalkan bisnis Anda.

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika akan memberikan promo Ramadhan kepada konsumen Anda. Dengan memberikan promosi dan diskon lebih tentu para konsumen akan memilih Anda untuk jadi tempat belanjanya. Meski demikian pastikan untuk perhitungkan segala hal juga sehingga memberi diskon namun tidak merugikan diri sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*