Waspadai Gejala Tipes Pada Anak

Sebagai orangtua yang tanggap tentunya memperhatikan kesehatan anak itu perlu. Bagi ibu yang senantiasa di rumah perlu memperhatikan setiap detail pergerakan anak sehingga tahu jika anak sedang kurang enak badan. Biasanya gejala suatu penyakit muncul dengan tiba-tiba. Namun terkadang juga dengan gejala yang umum sehingga banyak ibu yang tidak menyadarinya. Seperti misalnya gejala tipes pada anak yang mana susah dibedakan antara penyakit biasa atau tipes. Gejala tipes pada anak meliputi demam tinggi, sakit kepala, ruam merah, dsb. Biasanya anak yang terkena gejala tipes justru hanya demam dan pusing saja. Tentunya sangat biasa bukan? Ibu manapun pasti pernah mengalami penyakit demam pada anak akibat kelelahan. Jadi kemungkinan banyak yang tidak tahu bahwa demam tinggi adalah gejala tipes. Padahal penyakit ini jika tidak segera ditangani akan semakin memburuk dan kompleks. Akhirnya penderita bisa mengalami kematian hingga tidak ditanggapi dengan serius. Namun bila baru saja muncul gejala dan langsung diobati maka akan bisa sembuh dengan cepat.

Gejala tipes pada anak muncul dikarenakan infeksi oleh bakteri Salmonella. Ada dua jenis bakteri Salmonella yang biasa menginfeksi tubuh manusia yang mana menjadi penyebab tipes. Keduanya yakni bakteri Salmonella typhi dan Salmonella para typhi. Dengan nama yang berbeda tentunya keduanya juga mempunyai perbedaan lain. Dikatakan bahwa bakteri Salmonella typhi menginfeksi dengan gejala yang lebih parah dibandingkan dengan bakteri Salmonella paratyphi. Namun meski demikian keduanya tetaplah berbahaya. Kedua bakteri ini bisa ditemukan di kotoran manusia atau lingkungan yang tidak bersih. Jadi bakteri ini bisa berkembangbiak di luar tubuh sehingga mampu menginfeksi dalam jangka luas.

Lingkungan sepertinya menjadi tempat terbaik penyebaran bakteri ini. Lingkungan yang kotor akan menunjang tumbuh kembangnya. Maka sebaiknya anak-anak dijauhkan dari lingkungan yang kotor saat bermain sehingga tidak terinfeksi penyakit ini. Biasakan saat selesai bermain mencuci tangan, apalagi saat akan makan. Penting juga menggunakan sabun khusus anti bakteri sehingga tangan lebih bersih. Menggunakan air keran tidak akan bisa membunuh bakteri. Selain itu makanan buatan sendiri akan lebih bersih maka senantiasa bawakan bekal untuk anak. Itulah beberapa gejala tipes pada anak serta cara-cara yang bisa digunakan untuk mencegahnya. Selama orangtua menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal anak dan memberi makan yang sehat maka senantiasa penyakit tipes tidak menyerang anak-anak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*