Waspadai Penyakit Ini Apabila Anda Mengalami Nyeri Perut Kanan Bawah

Sakit perut bisa disebabkan karena beberapafaktor, mulai dari pengaruh makanan hingga kondisi kesehatan yang tidak baik. Lokasi sakit tersebut bisa menjadi petunjuk jenis penyakit apa yang mungkin diderita. Lantas gangguan kesehatan apa saja yang ditandai dengan nyeri perut kanan bawah? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

Radang Usus Buntu

Bagian kanan bawah perut merupakan lokasi terdapatnya usus buntu. Oleh karena itu ketika Anda mengalami sakit perut pada bagian tersebut kemungkinan besar gangguan yang Anda derita adalah radang usus buntu.

Gangguan pada perpanjangan dari usus besar ini terjadi karena adanya penyumbatan pada usus buntu yang mengakibatkan terjadinya infeksi. Infeksi menyebabkan pembengkakan usus dan menimbulkan rasa nyeri. Nyeri ini biasanya terjadi mulai dari daerah perut sekitar pusar (umbilikus) hingga perut sebelah kanan tempat terdapatnya organ usus buntu.

Gejala Batu Ginjal

Nyeri perut kanan bawah juga bisa disebabkan karena seseoranng menderita sakit batu ginjal. Jenis nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini biasanya bergantung pada seberapa besar batu ginjal yang berada di dalam perut. Apabila masih dalam batas normal, maka nyeri yang dirasakan hanya terjadi pada sisi kanan perut atau pinggang, datangnya pun secara mendadak.

Namun apabila sakit batu ginjal yang diderita sudah dalam tahan yang parah dan berukuran lumayan besar, maka intensitas nyerinya pun semakin meningkat. Nyeri ini bisa menjalar hingga ke pangkal paha dan bisa dibarengi dengan kram atau mual dan muntah. Jika sudah mencapai tahap ini maka penderita membutuhkan pertolongan medis untuk mengeluarkan batu tersebut.

Hamil Di Luar Kandungan (Ektopik)

Bagi Anda yang sedang merencanakan program kehamilan dan mengalami nyeri perut di bagian kanan bawah, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena Anda mengalami kehamilan ektopik. Janin yang harusnya tumbuh pada saluran telur (tuba fallopi) justru malah tumbuh di luar jalur dan kehamilan tersebut terganggu atau keguguran. Sehingga menimbulkan nyeri yang hebat.

Sembelit

Tidak hanya penyakit yang membutuhkan penangnan khusus saja, ternyata sembelit atau susah buang air besar juga bisa menyerbabkan nyeri pada sisi kanan perut. Yang perlu Anda ketahui adalah sembelit tidak hanya terjadi ketika feses mengeras dan susah keluar, namun juga ketika Anda jarang buang air besar.

Sembelit ini selain membuat perut tidak nayaman juga bisa menimbulkan nyeri pada bagian sebelah kanan perut. Untuk mengatasi gangguan pencernaan ini sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup dibarengi dengan makanan berserat tinggi.

Walaupun sering dianggap remeh, namun ternyata nyeri perut kanan bawah ini bisa berlanjut menjadi gangguan kesehatan yang membutuhkan penangnan khusus. Jika sakit terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk mendapatkan informasi terkait cara mengatasi nyeri perut ringan, silahkan kunjungi orami.co.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*