Listrik sudah menjadi napas pada roda kehidupan manusia. Segala cara akan dilakukan agar bisa memperoleh aliran listrik. Listrik di Indonesia sendiri dipasok oleh perusahaan listrik nasional atau PLN. Kabar baiknya, sekarang listrik PLN memiliki layanan prabayar. Bahkan banyak yang beranggapan harga token listrik lebih murah dari tagihan listrik pascabayar pada penggunaan daya yang sama.

Harga Token Listrik Per kWh

Penyediaan listrik nasional oleh PLN saat ini semakin mudah saja layanannya. Dengan Anda memakai layanan prabayar, konsepnya mirip dengan membeli pulsa, Anda akan mendapatkan token untuk mengaktifkan aliran listrik di rumah. Konsepnya lebih mirip pengisian pulsa atau data dengan voucher sebenarnya.

Perlu Anda tahu, token listrik merupakan sebuah satuan pembayaran yang dipergunakan untuk mengisi ulang daya listrik pada layanan PLN prabayar. Saat melakukan pembelian token listrik, Anda akan mendapatkan 20 digit angka stroom/kode token yang akan digunakan untuk melakukan pengisian daya listrik pada alat Meter Prabayar (MPB) Anda.

Meskipun banyak yang beranggapan pemakaian listrik prabayar jika dihitung-hitung lebih murah dibanding listrik pascabayar, tidak ada salahnya Anda melakukan penghematan. Gunakanlah listrik untuk kegiatan produktif, dan matikan sakelar jika tidak digunakan. Sebisa mungkin hindari penggunaan alat listrik bersamaan supaya tidak drop alirannya.

Anda juga bisa memperoleh harga token listrikyang lebih murah dengan membeli token bernominal besar. Untuk itu Anda harus memiliki perhitungan penggunaan listrik rata-rata selama sebulan. Misalnya, rata-rata sebulan listrik habis Rp 200 ribu. Biar dapat harga murah, belilah langsung Rp 200 ribu, jangan beli Rp 100 ribu dua kali dalam sebulan atau malah 4 kali sebulan.

Mengapa membeli dalam jumlah besar sekaligus malah semakin murah harga token? Karena pada setiap pembelian token, Anda akan dikenai biaya administrasi dan biaya pajak penerangan jalan. Bahkan jika pembelian melebihi Rp 250 ribu, Anda juga dikenakan biaya materai. Jika Anda termasuk pelanggan Rumah Tangga R2 akan dikenakan biaya PPN juga.

Harga tarif listrik untuk Rumah Tangga R-1 dengan daya 1300 Volt Ampere (VA)  adalah sebesar Rp1.392,12/kWh. Kemudian biaya administrasi yang dibebankan antara Rp1.600 – Rp3.500,- bergantung penyedia jasa yang Anda pakai. Sedangkan biaya pajak penerangan jalan untuk daerah Jakarta adalah sebesar 2,4 % dari jumlah kWh yang dibayar. Untuk biaya PPJ, besarannya diatur oleh pemerintah daerah masing-masing.

Misalkan Anda tinggal di daerah Jakarta, tiap bulan Anda menganggarkan pembelian token listrik Rp 200.000,-. Maka berapa kWh listrik yang bisa Anda peroleh? Caranya cukup mudah, Anda tinggal membaginya dengan biaya PPJ dan biaya tarif dasar listrik per kWh. Sehingga Anda bisa memperoleh daya listrik sekitar 138,2 kWh.

Namun akan berbeda halnya jika Anda membeli token listrik 4 kali dalam sebulan dengan Rp 50.000,-. Justru Anda hanya akan memperoleh total daya listrik sebesar 132 kWh. Belum lagi biaya admin dan PPJ yang harus Anda bayarkan pada tiap pembelian.

Jika Anda membeli melalui bank, entah lewat atm, sms banking, atau i-banking, Anda akan dikenakan biaya admin Rp 3.000,-. Berbeda halnya jika melalui bank syariah, biaya adminnya sekitar Rp 1.600,-. Kalau membeli lewat konter pulsa atau minimarket, bisa dikenakan biaya admin Rp 2.000,- hingga Rp 2.500,-.

Bhinneka.com: Solusi Belanja Kebutuhan Toko Elektronik Anda

Informasi tersebut dapat Anda jadikan patokan untuk membeli token listrik melalui jasa yang menerapkan biaya admin murah serta belilah langsung dalam jumlah besar. Lebih praktis lagi jika Anda membeli Token Listrik Bhinneka.com. Anda hanya perlu membuka websitenya, kemudian klik Digital Product di pojok kanan atas.

Langkah selanjutnya pilih Token Listrik. Jika Anda belum punya akun, buat akun dulu dengan email. Jika sudah punya akun, tinggal masukkan nomor ID pelanggan dan isi nominal pulsa listrik yang mau dibeli. Selesaikan pembayaran, dan Anda akan memperoleh info stroom token melalui email.

Melalui slogannya yang baru “Belanja Bisnis Jadi Praktis”, Bhinneka.com dapat Anda gunakan sebagai toko grosir untuk memenuhi kebutuhan konter pulsa Anda. Melalui Bhinneka.com, Anda bisa membeli token listrik dengan harga token listrikyang terjangkau. Melalui Bhinneka.com, pembelian token listrik pelanggan Anda menjadi lebih praktis, lebih cepat, dan banyak metode pembayaran yang bisa Anda pilih.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *