Beruntungnya kita tinggal di Indonesia. Negeri dengan berbagai macam suku bangsa serta bahasa. Keberagaman suku bangsa itu menjadikan Indonesia kaya akan budaya serta karya seni yang indah. Salah satu karya seni yang patut kita lestarikan adalah batik. Batik adalah kain bergambar yang memiliki motif beragam, cara pembuatannya dengan menuliskan malam diatasnya. Motif yang terdapat pada kain batik merupakan bentuk filosofis atau cara berpikir masyarakat. Motif tersebut diperoleh dari apa yang mereka lihat di alam, seperti daun, bunga, binatang, hingga manusia. Ada banyak jenis batik yang tersebar diseluruh nusantara. Corak dan motifnya pun berbeda-beda sesuai dengan kebudayaan yang ada pada suatu daerah. Batik bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk seperti baju batik, tas batik, sandal batik, dan masih banyak lainnya.

Baju batik banyak dijual di berbagai tempat di Indonesia seperti pasar tradisional, tojo baju, mall, sampai tempat wisata. Jenis yang ditawarkan pun beragam seperti batik tulis, batik cap, batik sablon atau printing, dan batik sablon malam. Batik dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari harga yang terjangkau, sampai batik dengan harga jutaan rupiah. Beberapa jenis batik yang popular diantaranya batik sekar jagad, batik sidomukti magetan, batik kraton, batik jepara, batik solo, batik kawung, batik tasik, batik malang, batik pekalongan, batik mega mendung dan masih banyak lainnya.

Beberapa hal yang membuat batik terkenal yaitu karena kekhasan daerahnya. Batik Jawa Barat meliputi batik indramayu, batik bogor, batik cirebon, dan batik garut. Batik Jawa Tengah meliputi batik semarang, batik solo, batik pekalongan, batik rembang, batik tegal, dan batik yogyakarta. Batik Jawa Timur meliputi batik madura, batik pacitan, batik sidoarjo, batik tuban, batik banyuwangi, batik mojokerto, batik ponorogo dan batik tulungagung. Nah setelah mengetahui berbagai jenis batik tersebut, sekarang anda semakin yakin kan bahwa Indonesia kaya akan budaya. Produk batik nusantara memiliki banyak corak yang khas sesuai daerahnya masing-masing. Hal itu yang membuat batik nusantara mampu bersaing hingga mancanegara. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus bangsa setidaknya mampu mempertahankan sekaligus menjaga warisan budaya Indonesia. Produk seperti baju batik sekarang ini sedang gencar-gencarnya di modifikasi sedemikian rupa, mengikuti perkembangan zaman agar mampu memenuhi tuntutan pasar.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *