Bumi, satu – satunya planet yang dua pertiga daerahnya di selimuti air. Namun kebutuhan air bersih di bumi ini semakin membeludak saja, setiap hari makhluk hidup di dunia pasti mengkonsumsi yang namanya air. Air layak minum di bumi ini cuma hanya kurang dari 1% dari seluruh air yang ada dibumi ini, maka dari itu janganlah kita lupa untuk menghemat penggunaan air bersih.

Lembaga PBB, UNESCO sendiri memperkirakan di tahun 2020 kekurangan air akan menjadi masalah serius di dunia

Faktor perubahan iklim, peningkatan populasi, menjadi sumber daya alam yang semakin berharga dan tak ternilai harganya. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat penggunaan air, namun semua itu harus dimulai dari kesadaran pada diri kita sendiri untuk memulainya. Ada banyak cara untuk menghemat energi, tapi disini saya akan menjelaskan 4 langkah mudah untuk menghemat air ~>

  1. Gantilah penggunaan shower (pancuran) dengan gayung ~>
    karena setiap kali kalian mandi dengan shower kalian membuang kurang lebih 30 liter air untuk tiap menit yang tidak diperlukan.
  2. Pada saat berwudhu ~>
    biasanya ada jeda air yang terbuang percuma antara saat membasuh rambut, telinga dan kaki. Matikan air yang terbuang percuma pada saat jeda ini.
  3. Tutuplah kran dengan benar ~>
    dengarkan tetesan air di keran dan kamar mandi yang mengalir sendiri. Memperbaiki kebocoran dapat menghemat 500 galon per bulan.
  4. Mengumpulkan air hujan ~>
    dengan ini kalian bisa menghemat penggunaan air yang layak minum, mengumpulkan air hujan ketika hujan berlangsung dan gunakan pada hari berikutnya saat hujan tidak terjadi untuk menyiram tanaman di sekitar rumah.

Keempat langkah diatas itu sangat mudah dilakukan, kenapa tidak mencoba untuk melakukannya ? gak susah kok kawan, jika dari diri kita sendiri… kesadaran kita sendiri telah ada, ayo coba empat langkah diatas. Selamatkan anak cucu kita dari hal kecil mulai dari sekarang juga.. jangan sampai kelak nanti air bersih akan habis untuk selamanya !

Green In Peace ! 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *