Pengertian microdontia adalah kondisi dimana terdapat gigi yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan gigi lainnya yang berada di sekitarnya. Selain berukuran kecil, gigi ini biasanya akan berbentuk kerucut dan bisa menyerang bagian gigi lainnya. Kondisi ini dianggap sebagai salah satu kelainan yang beresiko banyak menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

dentagama.com

Pengertian microdontia mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Untuk itu informasi tersebut penting agar bisa memberikan edukasi kepada masyarakat secara luas. Dengan begitu maka seluruh pihak bisa menanggulangi terjadinya kelainan tersebut.

Inilah beberapa penyebab microdontia

Setelah mengetahui tentang pengertian microdontia, tentu Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi penyebab kelainan tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindarkan diri dari kondisi tersebut. Untuk itu, simaklah beberapa penyebab microdontia di bawah ini.

  1. Autoimun 

Penyakit autoimun bisa menyerang bagian tubuh mana saja, penyakit ini bisa saja berakibat serius karena antibodi tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Kondisi ini bisa memicu terjadinya kelainan pada gigi. Saat mengalami autoimun, maka tubuh bisa saja salah mendeteksi zat baik menjadi sesuatu yang buruk sehingga bisa menyebabkan berbagai gangguan.

  1. Infeksi 

Infeksi yang terjadi pada rongga mulut akan mempengaruhi kondisi akar gigi dan juga gusi sehingga bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami microdontia. Infeksi ini biasanya terjadi akibat reaksi bahan kimia yang terdapat pada sebuah makanan ataupun akibat gesekan sebuah benda pada gigi. 

Luka akibat hal tersebut bisa menyebabkan peradangan dan akan berpengaruh pada perkembangan benih gigi selanjutnya dan bisa mengakibatkan microdontia.

  1. Faktor genetik

Microdontia merupakan salah satu kelainan yang terjadi akibat faktor keturunan dari anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut. Gen yang mengalir dari tubuh bisa menjadi salah satu faktor utama. Hal ini akan terus berjalan hingga keturunan berikutnya. Orang yang memiliki riwayat keturunan kelainan ini akan memiliki resiko yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

  1. Mutasi gen

Microdontia bisa terjadi karena terjadinya perubahan DNA atau RNA pada tubuh seseorang. Hal ini bukan hanya berpengaruh pada perubahan sifat pada individu saja, namun juga mempengaruhi pertumbuhan gigi. Hal tersebut bisa terjadi akibat radiasi matahari, infra merah, radiasi dan lain sebagainya yang tidak terlihat oleh mata.

  1. Kekurangan vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium dibutuhkan tubuh untuk bisa menjaga perkembangan tulang dan juga gigi. Kekurangan dua vitamin ini bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem gigi. Apalagi jika kondisi ini dialami anak-anak, maka bisa saja akan mempengaruhi kondisi gigi dewasanya dan mengalami microdontia. Untuk itu Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium pada anak sejak dini.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup atau kebiasaan yang salah bisa mengakibatkan seseorang mengalami microdontia. Kebiasaan menyantap makanan dengan kandungan karsinogen yang tinggi bisa membuat sel menjadi abnormal dan memicu kerusakan akar pada gigi. Hal inilah yang membuat seseorang bisa mengalami microdontia. Untuk menghindari gangguan tersebut, Anda perlu mengubah gaya hidup yang salah. 

Demikianlah penyebab dan pengertian microdontia yang harus diperhatikan dengan baik. Dengan memahami informasi tersebut, Anda bisa menjaga diri untuk menjaga pola hidup dan memberikan suplemen yang  cukup untuk tubuh. Hal tersebut bisa menghindarkan diri Anda dari kelainan yang tidak seharusnya. Jika mengalami kelainan tersebut, Anda harus melakukan berbagai pengobatan secara rutin untuk mengobatinya.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *