G.P. Rouffaer berpendaat bahwa, pola gringsing yang sudah dikenal sejak abad ke-12 M di Kediri, Jawa Timur. Corak – corak nya tersebut hanya dapat dibentuk dengan menggunakan alat khusus yang disebut canting (alat dari alumunium), sehingga kemungkinan bahwa canting ditemukan di daerah Jawa. Detil ukiran kain batik tulis yang menampilkan pola begitu rumit nya hanya dapat dibuat dengan canting yang telah dikenal di tanah Jawa sejak abad ke-13 atau bahkan lebih awal dari itu.

Klasifikasi kesenian batik bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu seni batik keraton (Surakarta dan Yogyakarta) dan seni batik pesisir. Nah, untuk motif seni batik keraton banyak yang mempunyai arti filosofi, sarat dengan makna kehidupan. Gambarnya cenderung rumit / halus dan paling banyak mempunyai beberapa warna, biru, kuning muda atau putih. Motif yang masih kuno keraton seperti pola panji ( pada abad ke-14), gringsingz\an (pada abad 14), kawung yang diciptakan Sultan Agung (1613-1645), dan parang, serta motif anyaman seperti karya tirta teja.

Batik  pesisir biasanya memperlihatkan gambaran unik yang lain dengan batik keraton. Batik pesisir terlihat lebih bebas serta kaya motif dan warnanya. Mereka lebih bebas dan tidak terikat dengan suatu aturan keraton dan sedikit sekali yang memiliki arti filosof karena menggunakan kebebasani. Batik tulis pesisir ini bisa menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah itu sendiri. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh para masyarakat Tionghoa China, yang juga mempopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat terhadap batik tulis pada masa itu , dan hasilnya adalah corak bunga yang sebelumnya tidak begitu dikenal (seperti pada bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh para penjajah (gedung maupun kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal masih tetap mempertahankan coraknya, dan masih teteap digunakan dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan sendiri – sendiri.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *