Di tahun 2020, Apple sebagai perusahaan yang menggarap iPhone meluncurkan beberapa seri terbaru, salah satunya adalah iPhone SE. iPhone SE 2020 terbaru ini dapat dikatakan sebagai seri “murah” dari iPhone, karena harganya cukup terjangkau jika dibandingkan seri-seri di atasnya.

Seri ini adalah generasi kedua dari iPhone SE yang pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu. Walaupun masih menggunakan desain lama, peminat dari iPhone SE 2020 terbaru ini cukup tinggi, khususnya di Indonesia. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai iPhone SE 2020.

Harga iPhone SE 2020 Terbaru

MemoriHarga
64 GBRp6.200.000
128 GBRp7.050.000
256 GBRp8.600.000

Walaupun harganya cukup dikatakan murah, iPhone SE tetap memberikan beberapa fitur mewah khas Apple yang tidak kalah dengan beberapa seri di atasnya. iPhone SE 2020 sendiri hadir dengan 3 varian memori internal, yaitu 64/128/256 GB dan telah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 3 GB di setiap varian memori internalnya.

Seperti halnya pada seri-seri iPhone sebelum dan sesudahnya, iPhone SE 2020 tidak menyediakan slot untuk tambahan memori eksternal.

Untuk mendapatkan iPhone dengan harga terjangkau dan resmi garansi, Anda bisa membelinya di Bhinneka.com. Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode sehingga transaksi menjadi lebih mudah.

Spesifikasi iPhone SE 2020 Terbaru

  • Platform
  • Telah dilengkapi dengan chipset Apple A13 Bionic (7nm+).
  • Menggunakan CPU Hexa-core (2 x 2.65 GHz Lightning + 4 x 1.8 GHz Thunder).
  • Menggunakan Apple GPU (4-core graphics).
  • Mendapatkan sistem operasi bawaan iOS 13.
  • Bodi
  • Memiliki dimensi bodi berukuran 138.4 x 67.3 x 7.3 mm.
  • Berat dari iPhone SE 2020 terbaru yaitu 148 gram.
  • Untuk slot SIM menggunakan jenis Nano-SIM and/or eSIM.
  • Layar
  • Di bagian layar menggunakan tipe IPS LCD Retina.
  • Ukuran dari layar iPhone SE 2020 sendiri yaitu 4.7 inci.
  • Resolusi yang digunakan pada layar adalah 750 x 1334 pixel.
  • Kamera
  • Pada kamera belakang memiliki resolusi sebesar 12 MP, f/1.8 (wide).
  • Untuk kamera depan memiliki resolusi 7 MP, f/2.2.
  • Untuk resolusi perekaman video dapat mencapai 2160p @24/30/60 fps, 1080p @30/60/120/240 fps, HDR, OIS, dan telah dilengkapi dengan stereo sound rec.
  • Fitur tambahan yang terdapat di bagian kamera yaitu Quad-LED dual-tone flash HDR, dan mode panorama.
  • Jaringan
  • Untuk data dapat menggunakan GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE.
  • Pada bagian WLAN telah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, dan personal hotspot.
  • Sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth GPS, dan NFC.
  • Fitur Lainnya
  • Tidak memiliki port jack audio 3.5 mm.
  • Terdapat 3 varian warna, yaitu black, white, dan red.
  • Bodi telah dilapisi dengan IP67 tahan debu dan air (hingga 1 meter selama 30 menit).
  • Telah dilengkapi dengan Apple Pay (Visa, MasterCard, dan telah bersertifikat AMEX).

Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2020 Terbaru

●        Kelebihan

1.     Harga Terjangkau

Untuk sebuah iPhone, dapat dikatakan iPhone SE memiliki harga yang terjangkau. Anda yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin memiliki perangkat salah satu produk Apple ini, iPhone SE 2020 adalah jawabannya.

Harga terendah untuk varian iPhone 64 GB dipatok mulai dari 6 jutaan saja dan untuk varian tertinggi (256 GB) harganya 8 jutaan. Tentunya harga ini jika dibandingkan dengan versi di atasnya sangatlah jauh dan lebih terjangkau bagi beberapa kalangan.

Tentunya bagi Anda yang tidak ingin menunggu terlalu lama hingga harga iPhone turun, mungkin dapat mempertimbangkan iPhone SE 2020 untuk digunakan.

2.     Performanya Bagus untuk HP Sekelasnya

Walaupun harganya cukup terjangkau, iPhone SE 2020 tetap memberikan performa yang apik jika digunakan. Hal ini dikarenakan HP ini memiliki chipset Apple A13 Bionic yang tentunya dapat bersaing dengan HP sekelasnya.

Bahkan performa dari chipset Apple A13 Bionic ini dapat mengalahkan Samsung Galaxy S20 Ultra dan bisa mengimbangi performa dari seri iPhone di atasnya, yaitu iPhone 11 dan iPhone 11 pro.

Jika dibandingkan antara iPhone SE yang harganya mulai dari 6 jutaan dan Samsung Galaxy S20 Ultra yang harganya saat ini mencapai 18 jutaan, tentunya sangat menguntungkan bagi Anda jika menggunakan iPhone SE 2020 ini.

3.     Kualitas Kamera yang Baik

Sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satu keunggulan utama dari produk iPhone adalah pada kualitas kameranya yang sangat baik. Setiap jepretan kamera di perangkat iPhone akan menghasilkan kualitas foto yang tajam.

Walaupun hanya memiliki satu lensa saja di kamera belakangnya, kemampuan iPhone SE 2020 dalam pengambilan gambar tidak boleh diremehkan. Dengan resolusi 12 MP dan mampu merekam video hingga resolusi 4K, tentunya menjadi keunggulan dari iPhone SE.

Tidak hanya itu saja, iPhone SE dapat menstabilkan gambar ketika melakukan perekaman video, karena memiliki kemampuan Optical Image Stabilizer yang terdapat di dalamnya. Dengan adanya fitur tersebut, tentunya iPhone SE tidak kalah dengan seri iPhone di atasnya.

●        Kekurangan

1.     Desain Bodi Cukup Kecil

Mungkin jika dibandingkan dengan seri iPhone terbaru, dapat dikatakan desain bodi yang dimiliki iPhone SE 2020 terbilang cukup kecil. Bagi Anda yang hobi bermain game atau menonton layanan video streaming, tentunya hal ini menjadi permasalahan utama.

Ukuran layarnya yang hanya 4.7 inci tentunya tidak akan memberikan kenyamanan ketika digunakan menonton dalam waktu yang cukup lama.

2.     Kameranya Tidak Memiliki Fitur Night Mode

Kekurangan selanjutya yang dimiliki oleh iPhone SE 2020 adalah tidak memiliki fitur night mode pada kameranya. Hal ini tentunya akan sedikit merugikan Anda jika ingin mengambil gambar pada kondisi yang gelap.

Untuk melakukan pengambilan gambar pada kondisi gelap, Anda hanya dapat menggunakan fitur flash saja sebagai sumber pencahayaannya.

Walaupun begitu, kualitas foto yang dihasilkan oleh flash tentunya tidak sebaik kualitas foto fitur night mode yang kontras dan detailnya lebih terjaga.

3.     Tidak Menyediakan Jack Audio 3.5 mm

Salah satu kekurangan yang paling menonjol di iPhone SE 2020 adalah sudah tidak disediakan port jack audio 3.5 mm. Bagi Anda yang hanya memiliki headset kabel, tentunya hal ini menjadi permasalahan utama jika ingin menggunakan iPhone SE 2020.

Jika ingin tetap menggunakan headset kabel, Anda dapat menggunakan adapter to 3.5 mm yang dijual secara terpisah. Apple sebenarnya sudah memiliki produk headset nirkabel, yaitu AirPods agar Anda tidak perlu menggunakan adapter.

Namun yang menjadi persoalan adalah harga dari AirPods sendiri dapat terbilang cukup mahal dan hanya dapat digunakan untuk perangkat Apple saja.

Setelah mengetahui harga, beberapa spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari iPhone SE 2020 terbaru, tentunya Anda dapat lebih mudah dalam memilih menggunakan perangkat HP. Untuk membelinya, langsung saja kunjungi halaman website iPhone terbaru Bhinneka.

Di Bhinneka.com Anda juga dapat melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak untuk keperluan bisnis dengan mudah dan aman. Tidak hanya itu saja harga yang diberikan pun pastinya sangat menguntungkan bagi Anda.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *