Akuntansi UKM memiliki peranan penting bagi para pengusaha yang bergerak dalam bisnis UKM. Peranan Akuntansi untuk para pengusaha UKM ini memiliki banyak makna untuk mengetahui perhitungan mengenai usaha atau bisnis yang sedang di jalankan saat ini. Memiliki pemahaman mengenai akuntasi adalah penting bagi pelaku bisnis kecil, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahui besaran laba atau rugi yang di terima, sehingga hal tersebut dapat meminimalisir adanya resiko perusahaan akan bangkrut atau mengalami kerugian besar.Selain dari fungsi adanya Akuntasi untuk pengusaha UKM, akuntansi ini juga memiliki tujuan yang penting untuk di ketahui.

Tujuan dari Akuntansi UKM :

  • Untuk memberikan informasi yang bisa di percaya mengenai suatu perubahan sumber ekonomi netto pada suatu perusahaan mikro kecil yang muncul dari adanya suatu kegiatan dalam rangkap untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
  • Untuk memberikan suatu informasi yang terpercaya dan akurat mengenai aktiva, kewajiban dan yang terakhir yaitu modal yang telah di keluarkan
  • Untuk membantu para pengusaha mikro kecil untuk memperkirakan suatu potensi pada perusahaan untuk dapat menghasilkan laba yang lebih besar dalam usahanya.
  • Untuk dapat memberikan informasi penting yang lainnya mengenai suatu perubahan pada sumber-sumber ekonomi dan juga kewajiban yang ada seperti informasi mengenai aktivitas belanja atau melakukan suatu transaksi pembelian.
  • Untuk mengungkapkan suatu informasi lainnya yang berkenaan dengan suatu laporan mengenai keuangan yang relevan untuk suatu kebutuhan si pemakai laporan keuangan. Dan hal ini tentunya sangat di butuhkan bagi para pebisnis mikro kecil yang baru memulai usaha atau sedang menjalankan usahanya.

Dengan adanya tujuan tersebut, maka kita akan semakin mengerti mengenai arti dan tujuan dari Akuntansi UKM ini. Karena tanpa adanya akuntansi ini, maka para pengusaha yang baru saja merintis usaha tidak dapat mengetahui berapa hasil yang didapatkan perusahaan serta beresiko merugikan perusahaan yang berujung pada kebangkrutan. Inilah mengapa peran dari adanya akuntansi ini begitu penting, sehingga Anda dapat mengembangkan usaha Anda menjadi lebih besar dan lebih maju.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *