Peluang usaha pertanian yang ada di Indonesia ini ternyata cukup besar dan menjanjikan. Salah satu sektor penting dan menjadi tulang punggung dalam mendorong pembangunan perekonomian nasional adalah sektor pertanian. Sektor ini diketahui mampu menyerap cukup banyak tenaga kerja dan juga berperan penting untuk pembentukan PDB, penyediaan pangan, penerimaan devisa, pengentasan kemiskinan daerah, perbaikan pendapatan masyarakat, hingga pembentukan budaya bangsa maupun sebagai penyeimbang ekosistem. Sektor pangan merupakan salah satu hal yang penting dalam sektor pertanian. Ketersediaan pangan ini memang cukup penting seiring dengan pertumbuhan masyarakat Indonesia yang ada sekarang ini. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2015 berjumlah 257,9 juta jiwa yang mana jumlah tersebut menuntut adanya ketersediaan dan juga ketahanan pangan yang harus dipenuhi dengan baik. Oleh sebab itu, di dalam upaya mengatasi persoalan pangan tersebut maka investasi sektor pangan ini perlu ditingkatkan lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir realisasi investasi di sektor pangan ini diketahui mengalami tren yang sangat positif. Hal tersebut dapat diartikan bahwa peluang usaha pertanian ini sangat terbuka lebar. Pemerintah pun juga akan terus mendukung hal ini guna meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang ada melalui program investasi melalui rantai pasok serta melakukan modernisasi alat-alat pertanian. Harapannya melalui cara menguatkan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PDMN) ini juga sejalan dengan pertumbuhan Penanaman Modal Asing (PMA) yang terus meningkat. Salah satu peluang usaha di sektor pertanian yang cukup besar untuk dikembangkan dengan baik adalah perkebunan jagung. Ternyata komoditi jagung ini menjadi salah satu primadona di dalam agribisnis Indonesia serta termasuk salah satu komoditas strategi untuk pembangunan pertanian dan perekonomian Indonesia.

Komoditi jagung yang menjadi salah satu peluang usaha pertanian yang cukup menjanjikan ini juga memiliki fungsi yang multiguna yakni untuk pangan maupun pakan. Pada perayaan Hari Pangan Sedunia yang ke-31 ini pemerintah Indonesia telah mengambil tema Menjaga Stabilitas Harga dan Akses Pangan Menuju Ketahanan Pangan Nasional, sehingga jagung ke depannya mampu menjadi solusi yang cukup tepat guna mengurangi konsumsi beras yang terus meningkat. Pemanfaatan pangan lokal ini memang harus ditingkatkan sebagai solusi untuk memperkuat upaya ketahanan pangan. Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang sudah menggunakan jagung sebagai bahan pangan pokoknya yakni seperti Madura dan Nusa Tenggara. Indonesia pun berpeluang untuk menjadi eksportir jagung dengan negara-negara produsen jagung lain.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *