Negara-negara di Eropa masih termasuk destinasi idaman bagi sebagain traveler asal Asia. Wajar karena Eropa dianggap sebagai negara maju dengan berbagai fasilitas modern dan tempat wisata yang indah.

Tak heran jika kunjungan ke Eropa dari tahun ke tahun semakin meningkat. Meskipun krisis tengah melanda negara-negara di Eropa namun tak pernah menyurutkan tingkat kunjungan wisatawan ke negeri para peselancar di Asia ini.

Memang traveling ke Eropa tidak bisa dibilang murah karena perbedaan kurs antara mata uang dalam negeri dan mata uang asing. Tak heran ini juga salah satu faktor x yang bikin traveler mendapatkan kebanggaan tersediri jika sudah pernah mengunjungi salah satu negara di Eropa.

Ada banyak cara untuk bisa traveling ke Eropa. Begitu juga ada beberapa tip dan trik agar bisa lebih menghemat uang saat traveling ke Eropa. Bagaimana caranya? Simak ya di bawah ini.

Pertama, gunakan fasilitas sosial media yang wajib dimiliki traveler yaitu couchsurfing. Couchsurfing menurut wikipedia adalah layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau Jaringan Silaturahmi. Saat ini, jumlah anggota CouchSurfing adalah 2,6 juta di 246 negara dan wilayah.

Dengan menggunakan couchsurfing setidaknya permasalahan akomodasi atau penginapan di tempat wisata akan bisa lebih ditekan bahkan gratis jika kamu bisa memberikan kontribusi positif di destinasi yang dituju.

Kedua, jika tidak mendapatkan host couchsurfing yang sesuai dengan pilihan kamu mau tidak mau kamu harus reservasi hotel murah di destinasi yang kamu tuju. Agar bisa mendapatkan hotel murah di luar negeri kamu bisa memesannya di Reservasi.com sekaligus bisa beli tiket dengan berbagai promo menarik setiap harinya.

Ketiga, cari penginapan yang sudah menyediakan dapur. Kenapa? Soalnya kamu bisa menghemat biaya untuk makan dengan cara memasak. Mungkin agak merepotkan tapi dengan cara inilah kamu bisa menghemat uang hingga 50% selama di Eropa. Minimal kamu bisa menyediakan sarapan sehat tapi murah sebelum memulai traveling.

Keempat, jangan pernah gunakan taksi atau kendaraan yang sifatnya personal. Gunakan sarana transportasi umum yang biayanya jauh lebih murah. Terkadang untuk pemegang kartu langganan akan mendapatkan diskon dan potongan harga ongkos yang lebih murah.

Hampir semua negara di Eropa sudah dilengkapi dengan sarana transportasi yang aman, nyaman dan utamanya murah serta menjangkau beberapa sudut kota hingga ke pinggiran kota. Lengkapi ponsel dengan aplikasi transportasi yang disediakan untuk memudahkan pencarian rute.

Kelima, kunjungi beberapa wisata gratis di Eropa seperti museum atau taman-taman terbuka yang bisa dikunjungi secara bebas oleh warga. Caranya? Mudah saja kok tinggal googling aja free amusement park atau free museum dari smartphone kamu.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli tiket yang sebetulnya tidak kamu butuhkan. Misalnya membeli tiket naik ke puncak menara Eiffel. Menikmatinya dari bawah justru menjadi pemandangan yang tak terlupakan.

Keenam, ada banyak situs wisata seperti Tripadvisor yang memberikan tempat-tempat wisata populer beserta dengan review dari orang-orang yang pernah mengunjunginya. Ada baiknya kamu melakukan riset pada malam hari tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi sekaligus membuat peta jalur angkutan umum yang hendak digunakan.

Ketujuh, jangan pernah membeli minuman beralkohol selama di Eropa. Selain harganya sangat mahal, waktu kamu untuk traveling pun jadi akan sia-sia. Percuma jauh-jauh ke Eropa jika hanya menghamburkan uang demi seteguk alkohol di Eropa.

Kedelapan, tarik tunai lewat ATM lebih murah jika dibandingkan menukar uang di tempat penukaran uang. Kamu bisa melakuka sedikit eksperimen dengan membandingkannya. Bisa menukar di dalam negeri sebelum berangkat, tarik tunai saat tiba di bandara tujuan atau menukarkan di tempat penukaran uang di negara tujuan.

Kesembilan, gunakan kuota paket langganan yang memiliki fasilitas akses wifi gratis. Komunikasi harus tetap lancar dengan keluarga di tanah air. Gunakan Whatsapp atau Facebook agar tetap bisa mengabari keluarga selama kamu traveling di Eropa.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *